TEXT 1TEXT 2

Selasa, 07 September 2010

Zakat Fitrah

Zakat artinya nama (kesuburan), thaharah (kebersihan), barakah (keberkahan) dan taszkiyxah thahir (membersihkan atau menyucikan). Selain zakat, dua istilah lain yang berkaitan denannya adalah shadaqah dan infak.


Zakat menurut hukum adalah pengambilan tertentu dari harta seseorang menurut sifat-sifat yang tertentu pula untun diberikan bepada golongan masyarakat tertentu (ashnaf). Dalam islam, zakat merupakan pilar terpenting bagi pembangunan kesejahteraan umat islam. Dalam Alquran, kewajiban mendirikan shalat selalu dikaitkan dengan kewajiban menunaikan zakat. Mengapa? shalat adalah hubungan vertikal dengan Allah, sedangkan zakat hubungan horizontal dengan sesama manusia. Karena itu, orang yang tidak pernah menunaikan zakat disebut sebagai pendusta agama.

Menurut garis besarnya, zakat dibagi dua:

a. Zakat mal, zakat yang berkaitan dengan harta, seperti zakat emas, penghasilan, pertanian, perdagangan (tijarah), dan binatang (hewan ternak).

b. Zakat nafs (fitrah), zakat jiwa yang berkaitan dengan diri. zakat ini dilaksanakan setelah menunaikan shaum Ramadhan.

Dalam Alquran, Allah berfirman bahwa: "Sungguh berbahagialah orang yang menyucikan dirinya (dengan berzakat) dan menyebut-nyebut nama Allah, lalu ia mendirikan shalat (QS. Al-A'laa, 87 : 14)."
<em>Ampersands&angle brackers need to be encoded.</em>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar